Ketua PCNU Kabupaten Malang Sampaikan Harapan dan Doanya di Tahun Baru Hijriyah

berita terbaru nu kita
dr. Umar Usman Ketua PCNU Kabupaten Malang. (Foto: google.com)
Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:26 WIB | Dilihat: 742

NUKITA.ID, MALANG – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang, dr. Umar Usman menyampaikan doa dan harapannya pada peringatan tahun baru hijriah 1443. 

Serupa tahun baru masehi yang selalu dirayakan setiap tanggal 1 Januari, umat Muslim juga selalu menyambut tahun baru Islam setiap tanggal 1 Muharram yang tahun ini jatuh pada 10 Agustus 2021.  

“Selamat Tahun Baru 1443 H. Semoga amal-amal baik kita tahun yang lalu diterima oleh Allah dan dosa-dosa kita diampuni oleh-Nya,” ucap dr. Umar Usman, saat diwawancarai oleh Nukita.id, Selasa (10/08). 

Ia menghimbau agar momen tahun baru 1443 Hijriah dilakukan dengan bersyukur dan bermuhasabah, tanpa ada hingar-bingar atau perayaan yang berpotensi merusak atau membahayakan diri atau orang lain. 

"Apalagi ini di tengah pandemi. Ungkapan rasa syukur ini kita ukur dengan muhasabah, dengan mengintrospeksi diri dan berdoa agar pandemi segera berlalu," paparnya. 

Menurut ketu PCNU tersebut, tahun baru hijriah selalu mengingatkan umat Islam pada momen bersejarah hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah. Spirit hijrah salah satunya adalah kemampuan melakukan perpindahan, perubahan, dan adaptasi dalam merespons situasi dan kondisi. 

“Menyadari bahwa cobaan ini tidak tahu kapan berhenti dan hanya bisa tertanggulangi ketika kita saling peduli, sembari senantiasa mendekatkan diri kepada Ilahi Robbi,” ujarnya.  

Di tengah pandemi, lanjutnya, solidaritas dan gotong royong adalah kunci. "Mari manfaatkan momentum tahun baru 1 Muharram 1443 H untuk perkuat spirit hijrah, serta saling bergotong royong dalam menghadapi pandemi," tuturnya. 

Terakhir, Ia berharap di momen tahun baru Allah SWT memberikan kekuatan untuk menundukkan hawa nafsu, serta memperbaiki dan menyempurnakan kemanusiaan. 

“Semoga di tahun baru ini Allah senantiasa menolong kita melawan dan menundukkan setan dan hawa nafsu kita. Menolong kita memperbaiki dan menyempurnakan kemanusiaan dan kehambaan kita,” doanya. (*)


Pewarta : Muzayid
Editor : Tim Nukita
Tags : , , , , ,

Comments: